Kemiskinan itu berasal dari perasaan miskin

“Kemiskinan itu berasal dari perasaan miskin” (Ralph Waldo Emerson: 1803 – 1882)

Mengapa begitu banyak orang merasa tidak nyaman soal uang? Bukan karena mereka tidak pernah punya uang, tapi karena mereka memiliki keyakinan negative soal uang dan keyakinan-keyakinan negative ini tertanam di alam bawah-sadar ketika mereka masih kanak-kanak, seperti “Kita tidak punya uang untuk membelinya,” “Orang kaya pasti tidak jujur,” “Memiliki banyak uang berarti kerja keras.”

Tidak ada satupun dari hal di atas yang benar. Bila anda kekurangan uang dalam hidup, itu karena anda lebih banyak mengungkapkan perasaan buruk soal uang ketimbang perasaan baik tentang uang.

Bila anda tidak nyaman soal uang, anda menolak uang. Uang tidak akan pernah melakat pada diri anda. Meski ketika anda mendapatkan uang ekstra, dalam sekejap anda akan mengalami lepasnya uang dari genggaman anda. Lalu apa yang membuat uang melekat?

Cinta. Cinta merupakan kekuatan yang menarik dan menghasilkan uang, sekaligus membuat uang melekat. Apapun situasi keuangan yang tengah and hadapi, tidak ada yang namanya situasi tanpa harapan.

Bagaimana cara mengubah perasaan terhadap uang?

Ketika anda membayar tagihan, anda dapat membayangkan bahwa itu bukanlah benar-benar tagihan, melainkan uang yang sudah anda putuskan untuk disumbangkan ke perusahaan atau ke orang tertentu atas kebaikan hati anda, atas pelayanan hebat yang mereka berikan. Gunakan rasa syukur untuk ditujukan ke perusahaan tersebut dengan memikirkan betapa anda telah mendapat manfaat dari pelayanan mereka. Rasakan cinta ketika anda menyerahkan uang. Bayangkan kelimpahan uang bagi orang-orang yang menerima uang anda.

Bayangkan juga bahwa saat ini anda sudah kaya raya. Memiliki seluruh uang yang anda butuhkan saat ini. Ingatlah, setiap kali anda mendengar orang lain menerima uang atau mencapai sukses yang lebih besar, ikutlah bersenang hati, karena artinya anda berada pada frekuensi itu.

Rhonda Byrne, penulis buku ini pernah punya pengalaman jatuh dalam keadaan kesulitan keuangan paling parah. Tunggakan kartu kredit, cicilan apartemen, perusahaan terbelit hutang karena dia membuat film The Secret. Lalu ia mengambil keputusan drastis. Dia menuju ATM dan menarik beberapa ratus dolar dari rekening dan dia membagikan uang  tersebut ke siapa saja yang menurutnya pantas untuk menerima. Dan dua hari berikutnya, rekeningnya menerima kiriman sebesar 25.000 dollar berturut-turut. Tanpa dia duga sebelumnya, saham temannya yang ia beli beberapa tahun sebelumnya ternyata nilainya sedang meroket. Padahal sudah lama ia abaikan karena dulu sama sekali tidak mengalami pertambahan nilai. Dia membuang uang bukan untuk mendatang lebih banyak melainkan untuk merasakan cinta terhadap uang itu. Dia ingin merubah perasaan tidak nyaman yang dirasakan seumur hidup tentang uang.

Bukan soal berapa yang anda berikan tapi seberapa besar cinda yang anda muat ke dalam pemberian itu” (Ibu Teresa, 1910 – 1997)

Bila anda kesulitan keuangan, supaya merasa nyaman tentang uang, anda dapat mendoakan kelimpahan kepada orang-orang yang berpapasan dengan anda di jalan. Pandangilah setiap wajah dan bayangkan memberikan uang dalam jumlah banyak kepada mereka dan bayangkan kesenangan mereka. Rasakanlah, dan beralih lagi ke orang lain, itu akan mengubah perasaan anda terhadap uang dan akan mengubah kondisi keuangan anda.

Anda semestinya bekerja demi kegembiraan bekerja, bahwa bekerja itu sangat mengasyikkan dan membuat anda bersemangat. Dan sewaktu anda mencintai apa yang anda lakukan, uang pun mengikuti. Anda tidak akan pernah tahu bagaimana cara anda memperoleh apa yang anda inginkan sampai anda menerimanya, namun kekuatan cinta mengetahuinya. Keluarlah dari cara anda sendiri dan miliki keyakinan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s